Part
1 Chapter 2
SISTEM
INFORMASI DAN ORGANISASI
Karena
informasi system sangat penting , bisnis membutuhkan sebuah perbaikan atau
penyempurnaan system baru , atau daftar keuntungan
Kerjasama
diantara bisnis menejer dan IS personal adalah kunci potensial sebagai
pembaharuan system modifikasi
ORGANISASI
SISTEM DAN INFORMASI
Sebuah
organisasi adalah system dimana dari input tersebut memproses mekanik output dan
memberi sebuah balasan atau(feedback) , sebuah organisasi konsultasi dengan
menggunakan uang , orang-orang , dan barang-barang serta peralatan lainnya data
, informasi , dan keputusan , sumber barang-barang ,orang dan uang ,menyiapkan
data masukan ke dalam sebuah organisasi dari sebuah lingkungan , menuju
melewati transformasi mekanik dan memproduksi sebuah output untuk lingkungan
sekitar , sebuah output dari transformasi mekanik biasanya diantara harga
tinggi dan satu inputan , sebuah organisasi
berusaha untuk mencapai suatu tujuannya
Bagaimana
suatu system organisasi meningkatkan harga dari suatu sumber, didalam suatu
transformasi subsistem berisi tentang bantuan memperbaiki pelayanan untuk
meningkatkan suatu nilai
MODEL
UMUM SEBUAH ORGANISASI
System
informasi membantu dan berkerja dengan bagian-bagian dari sebuah pemrosesan
organisasi , meskipun tidak menampakan suatu model yang simple , input ke
proses subsistem akan dating dari dalam dan luar sumber , hanya sebelumnya
memasuki sebuah system , data dari luar. Setelah masuk ke suatu subsistem , itu
akan dating dari dalam juga layanan baik akan memberikan output salah satu dala
dan luar system
NILAI
RANTAI PERUSAHAAN MANUFAKTUR
Mengelola
bahan baku , memasuki logistic dan gudang dan fasilitas penyimpanan
bisa dibilang manajemen hulu Mengelola pasokan rantai dan hubungan dengan
pelanggan adalah dua elemen kunci dari mengelola rantai nilai Manajemen rantai
suplai ( SCM ) membantu menentukan apa persediaan yang dibutuhkan
untuk rantai nilai , apa jumlah yang
dibutuhkan untuk memenuhi permintaan pelanggan , bagaimana persediaan
harus
diproses ( diproduksi ) menjadi barang jadi dan jasa , dan bagaimana pengiriman
persediaan
dan produk kepada pelanggan harus dijadwalkan , dipantau , dan dikendalikan
Untuk
Misalnya,
dalam sebuah perusahaan otomotif , SCM dapat mengidentifikasi pasokan kunci dan
bagian, bernegosiasi
dengan
vendor untuk harga yang terbaik dan dukungan , pastikan bahwa semua persediaan
dan komponen yang tersedia
Peran apa sistem informasi dalam proses
ini ? Pandangan tradisional
sistem informasi menyatakan bahwa
organisasi menggunakan untuk mengontrol dan memonitor proses dan menjamin
efektivitas dan efisiensi . Suatu system informasi dapat mengubah umpan balik
dari subsistem
menjadi informasi yang lebih bermakna
bagi karyawan . Informasi ini mungkin meringkas kinerja subsistem dan digunakan
untuk mengubah bagaimana sistem beroperasi
Perubahan dapat melibatkan menggunakan
bahan baku yang berbeda ( input ) , merancang baru perakitan -line
prosedur ( transformasi produk ) , atau
mengembangkan produk dan jasa ( output ) yang baru . di
pandangan ini , sistem informasi berada
di luar proses dan berfungsi untuk memantau atau mengontrol itu .
MEMERANGI KEMISKINAN GLOBAL DENGAN
SISTEM INFORMASI
Bank Dunia bukanlah bank yang khas ,
tapi dua lembaga keuangan
dimiliki oleh 185 negara anggota . Bank
Internasional untuk
Pemulihan dan Pembangunan ( IBRD )
merupakan bagian dari bank yang
berfokus pada berpendapatan menengah dan
negara-negara miskin kredit , dan
International Development Association (
IDA ) berfokus pada negara-negara termiskin . Bersama-sama , lembaga ini
memberikan " bunga rendah
pinjaman dan kredit bebas bunga dan
hibah untuk negara-negara berkembang
untuk pendidikan , kesehatan ,
infrastruktur , komunikasi , dan banyak
tujuan lain , " menurut situs Web
Bank Dunia . bank memiliki sekitar 10.000 karyawan di seluruh dunia , dengan
pinjaman dari sekitar $ 20 miliar per tahun .
STRUKTUR ORGANISASI TRADISIONAL
Sebuah struktur organisasi tradisional ,
juga disebut struktur hirarki , seperti manajerial piramida di mana hirarki
pengambilan keputusan dan wewenang mengalir dari manajemen strategis di bagian
atas turun ke manajemen operasional dan karyawan nonmanagement . Dibandingkan
dengan tingkat yang lebih rendah , tingkat strategis , termasuk presiden
perusahaan dan wakil presiden , memiliki tingkat yang lebih tinggi otoritas
keputusan , dampak yang lebih pada tujuan perusahaan , dan masalah yang lebih
unik untuk memecahkan ( lihat Gambar 2.4 ) . Dalam kebanyakan kasus , kepala
departemen utama melaporkan kepada presiden atau manajer tingkat atas .
PROYEK DAN TIM STRUKTUR ORGANISASI
Struktur organisasi proyek berpusat pada
produk utama atau jasa . Sebagai contoh,
di sebuah perusahaan manufaktur yang
memproduksi makanan bayi dan produk bayi lainnya , setiap baris diproduksi oleh
unit terpisah . Fungsi tradisional seperti pemasaran , keuangan , dan produksi diposisikan
dalam unit-unit utama. Banyak tim proyek temporary ketika proyek selesai , para
anggota pergi ke tim baru dibentuk untuk proyek lain .
VIRTUAL STRUKTUR ORGANISASI DAN TATA
KERJA KOLABORASI
Sebuah struktur organisasi maya
mempekerjakan individu, kelompok , atau unit bisnis yang lengkap di daerah
geografis yang dapat berlangsung selama beberapa minggu atau tahun , sering
membutuhkan telekomunikasi atau Internet.6 tim Virtual bekerja untuk memastikan
partisipasi dari orang-orang terbaik yang tersedia untuk memecahkan masalah
organisasi penting
BUDAYA ORGANISASI DAN PERUBAHAN
Budaya adalah seperangkat pemahaman
utama dan asumsi bersama oleh sebuah kelompok, seperti dalam kelompok etnis
atau negara . Budaya organisasi terdiri dari pemahaman utama dan asumsi untuk
bisnis , perusahaan , atau organisasi lainnya . Pemahaman , yang dapat mencakup
keyakinan umum , nilai-nilai , dan pendekatan untuk pengambilan keputusan ,
sering tidak menyatakan atau didokumentasikan sebagai tujuan atau kebijakan
formal. Sebagai contoh, Procter & Gamble memiliki budaya organisasi yang
menempatkan nilai yang sangat tinggi pada pemahaman pelanggan dan kebutuhan
mereka . Untuk rekomendasi pemasaran untuk diterima , mereka harus didasarkan
pada fakta-fakta diketahui tentang pelanggan . Sebagai contoh lain , karyawan
mungkin diharapkan untuk menjadi bersih - potong, memakai pakaian konservatif ,
dan sopan dalam menangani semua pelanggan . kadang-kadang organisasi Budaya
terbentuk selama bertahun-tahun . Dalam kasus lain , manajer tingkat atas dapat
membentuk dengan cepat dengan memulai " kasual Jumat " kebijakan
dress
REENGINEERING DAN PENINGKATAN
BERKESINAMBUNGAN
Untuk tetap kompetitif , organisasi
harus sesekali melakukan perubahan mendasar dalam cara mereka melakukan bisnis
. Dengan kata lain, mereka harus mengubah kegiatan , tugas, atau proses yang
mereka gunakan untuk mencapai tujuan mereka . Reengineering , juga disebut
proses desain dan rekayasa ulang proses bisnis
( BPR ) , melibatkan disain ulang
radikal suatu proses bisnis , struktur organisasi ,
sistem informasi , dan nilai-nilai
organisasi untuk mencapai terobosan dalam bisnis
hasil . Union Bank of California , misalnya
, memutuskan untuk merekayasa ulang banyak tugas dan fungsi .
KEPUASAN PENGGUNA DAN TEKNOLOGI
ACCEPTANCE
Agar efektif , rekayasa ulang dan upaya
perbaikan terus-menerus harus menghasilkan puas pengguna dan diterima dan
digunakan di seluruh organisasi . Selama bertahun-tahun , peneliti IS telah
mempelajari kepuasan pengguna dan penerimaan teknologi yang berkaitan dengan IS
sikap dan penggunaan . Meskipun kepuasan pengguna dan penerimaan teknologi
dimulai sebagai dua teori yang terpisah, beberapa percaya bahwa mereka dapat
diintegrasikan ke dalam satu
KUALITAS
Definisi kualitas jangka telah
berkembang selama bertahun-tahun . Pada tahun-tahun awal kualitas
kontrol , perusahaan yang berkaitan
dengan desain pertemuan spesifikasi - yaitu, sesuai dengan standar . Jika
sebuah produk dilakukan seperti yang dirancang , itu dianggap sebagai produk
yang berkualitas tinggi . produk dapat melakukan fungsi yang dimaksudkan,
bagaimanapun, dan masih belum memenuhi kebutuhan pelanggan . Hari ini ,
kualitas berarti kemampuan produk ( termasuk jasa ) untuk memenuhi atau melebihi
pelanggan harapan . Sebagai contoh, sebuah komputer yang tidak hanya berkinerja
baik tapi mudah untuk mempertahankan dan perbaikan akan dianggap sebagai produk
yang berkualitas tinggi . Semakin , pelanggan mengharapkan bermanfaat dukungan
setelah penjualan . Pandangan kualitas benar-benar berorientasi pelanggan .
Sebuah berkualitas tinggi produk memenuhi pelanggan dengan berfungsi dengan
benar dan terpercaya , memenuhi kebutuhan dan harapan , dan yang disampaikan
tepat waktu dengan sopan dan hormat
PERENCANAAN STRATEGIS UNTUK KEUNGGULAN
KOPENTITIF
Untuk menjadi kompetitif , perusahaan
harus cepat , gesit , fleksibel , inovatif , produktif , ekonomis, dan
berorientasi pelanggan . Hal ini juga harus menyelaraskan strategi IS dengan
bisnis umum strategi dan tujuan Mengingat lima kekuatan pasar yang disebutkan
sebelumnya , Porter dan lain telah mengusulkan sejumlah strategi untuk mencapai
keunggulan kompetitif , termasuk biaya
kepemimpinan, diferensiasi , strategi
niche , mengubah struktur industri , menciptakan produk baru dan jasa , serta
meningkatkan lini produk dan jasa yang ada Dalam beberapa kasus , salah satu strategi
ini menjadi dominan . Misalnya, dengan strategi kepemimpinan biaya , biaya
dapat pertimbangan utama , dengan mengorbankan faktor lainnya jika perlu .
KINERJA BERBASIS SISTEM INFORMASI
Bisnis telah melewati setidaknya tiga
tahapan utama dalam penggunaan sistem informasi . Pada tahap pertama ,
organisasi berfokus pada penggunaan sistem informasi untuk mengurangi biaya dan
meningkatkan produktivitas . The National ePrescribing Pasien Initiative Keselamatan
, misalnya , menawarkan lunak yang kuat untuk dokter yang digunakan untuk
mengurangi kesalahan medis dan biaya
KARIR DI SISTEM INFORMASI
Menyadari manfaat dari setiap sistem
informasi membutuhkan kompeten dan termotivasi IS personil, dan banyak
perusahaan menawarkan kesempatan kerja yang sangat baik . Seperti disebutkan
dalam Bab 1 ,pekerja pengetahuan ( KWS ) adalah orang-orang yang membuat,
menggunakan , dan menyebarkan pengetahuan
PERAN, FUNGSI DAN KARIR DI IS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar