DEFENISI MANAJEMAN MENURUT PARA AHLI
1. Koontz and Donnel (1972) ” management is getting thing done
through the efforts of other people” (manajemen adalah terlaksananya
pekerjaan melalui orang-orang lain )
2. Millet (1954) ” management is the process of directing and
fasilitating the work of people organized informal group to achieve a
desire goal” (manajemen adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan
dari orang-orang yang terorgasisir secara formal sebagai kelompok untuk
memperoleh tujuan yang diinginkan
3. Davis (1951) “management is the fuction of the executive
leadership any where” ( manajemen adalah fungsi dari setiap kepemimpinan
eksecutif dimanapun)
4. Kimball and Kimball (1951)”management embraces all dities and
function that pertain to the provicion of necessary is to operate and
the selection of the principal office “( manajemen terdiri dari semua
tugas dan fungsi yang meliputi penyusunan sebuah perusahaan, pembiayaan,
penetapan garis-garis besar kebijaksanaa,penyediaan semua peralatan
yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para
pejabat terasnya.
sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen mutlak diperlukan dalam
setiap bidang kegiatan usaha yang melibatkan 2 orang atau lebih untuk
mencapai tujuan tertentu dengan melalui kerja sama serta dengan
memanfaatkan sumber-sumber lain.
UNSUR-UNSUR MANAJEMEN
unsur manajemen adalah sesuatu yang menjadi bagian mutlak sebagai
pembentuk manajemen banyak yang mengemukakan bahwa unsur manajemen
seperti yang dikemukakan oleh G.R Terry dengan istilah the six M’S in
management (6M didalam manajemen), yaitu man, money, materials, market,
and methods.
sesuai dengan pengertian manajemen y aitu suatu kegiatan usaha kearah
pencapaian tujuan tertentu dengan melalui kerja sama orang lain serta
denga pemanfaatan sumber-sumber lain yang tersedia
maka unsur-unsur manajemen meliputi :
1. manusia (manusia pemimpin,manusia pelaksana,dan atau manusia objek pelaksana
2. tujuan yang hendak divapai sebagai pemegangan titik pengarahan
3. wadah yakni badan /organisasasi sebagaai tempat orang-orang melakukan kerja sama
4. alat atau sarana mencapai tujuan
5. kegiatan /aktivitas seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dsb
HUBUNGAN ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN
hubungan administrasi dan manajemen adalah
1. dalam penerapan adminstrasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan hanya kegiatannya yang dapat dibedakan
2. adminmistrasi bersifat konsep menentukan tujuan dan kebijaksanaan
umum secara menyeluruh sedangkan manajemen sebagai subkonsep yang
bertugas melaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan dan
kebijaksanaan yang sudah tertentu pada tingkat administrasi
3. administrasi lebih luas dari pada manajemen karena manajemen
sebagai salah satu unsurt dan merupakan inti dari administrasi sebagai
pelaksana yang bersifar operasional melainkan mengatur tindakan
-tindakan pelaksanaan oleh sekelompok orang yang disebut “bawahan” jadi
dengan manajemen administrasi akan mencapai tujuannya
INTI MANAJEMEN
inti manajemen menurut para ahli adalah sbb
1. dimork dan koening (1960) “leadership is the key to management (kepemimpinan adalah inti dari manajemen)
2. siagian (1981) mengemukakan ” kepemimpinan merupakan motor
penggerak dari semua sumber-sember dan alat-alat (resoures)yang
mendisahkan sebuah buah -buahan yang dikulitnya diumpamakan dengan
admnistrasi, dagingnya diumpamakan dengan manajemen dan bijinya adalah
kepemimpinan maksudnya sama halnya dengan manajemen maka yang pertama
tama disoroti adalah kulitnya bagian luar “administrasi ” kemudian
intinya yaitu manajemen selanjutnya bertemu denga inti dari manajemen
disebut denga kepemimpinan (leadership) maka baik tidaknya buah itu
nantisangat bergantung pada kwalitas bijinya kaitannya dengan manajemen
baik tidaknya manajemen bergantung pada baik tidaknya kepemimpinan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar