· Tingkatan manajemen adalah tingkatan yang
dimana ada tingkatan atas, tingkatan menengah dan tingkatan bawah
· Pengertian tingkatan manajemen atas (Top Management)
Bertanggung jawab atas pengaruh yang ditimbulkan dari
keputusan keputusan manajemen keseluruhan dari organisasi contohnya itu: kepala
sekolah, wakil kepala sekolah
· Tingkatan manajemen menengah ( middle
management)
arus memiliki keahlian interpersonal/manusiawi, artinya itu
keahlian dalam berkomunikasi, bekerja sama
dan memotivasi orang lain contohnya itu Guru Bk yang ada di sekolah
· Tingkatan manajemen bawah (Low
management)
menyelesaikan rencana rencana yang sudah ditetapkan
· Fungsi managemen itu untuk mengatur
segala sesuatu yang berkaitan tentang managemen contohnya itu planning (
rencana ), leading(bimbingan), controlling( mengkontrol)
· Planning ( rencana) : manajemen atau
merencanakan sesuatunya dengan teliti untuk menghasilkan kinerja dengan maksima
· Leading (bimbingan): bagaimana menggunakan pengaruh untuk
memotivasi seseorang dalam mencapai sasaran organisasi.
· Controlling ( mengkontrol ) :
berkenaan dgn pengawasan terhadap aktivitas sesorang menjaga organisasi agar
tetap berada pada jalur yg sesuai degan sasaran dan melakukan koreksi apabila
diperlukan
· Teori manajmen klasik : Secara
keilmuan, manajemen baru terumuskan kurang lebih di abad 18 atau awal abad 19
Masehi. Diantara tokoh-tokoh yang mula-mula memperkenalkan manajemen secara
keilmuan adalah Robert Owen (1771-1858) dan Charles Babbage (1972-1871). Owen
seorang pembaru dan indrustrialisasi dari Inggris adalah di antara tokoh
pertama yang menyatakan perlunya sumber daya manusia di dalam organisasi dan
kesejahteraan pekerja. Sedangkan Babbage seorang ahli matematika dari Inggris
orang yang pertama kali berbicara mengenai pentingnya efisiensi dalam proses
produksi. Dia meyakini akan perlunya pembagian kerja dan perlunya penggunaan
matematika dalam efisiensi penggunaan fasilitas dan material produksi (Ernie
dan Saefullah: 2005).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar